Komponen komputer dan fungsinya

Arthur OndiPada Postingan kali ini saya ingin menjelaskan sedikit tentang Komponen-komponen (Hardware) pada sebuah computer baik yang didalam maupun yang diluar.
Pengertian hardware
Hardware artinya Perangkat Keras, terdiri  dari komponen elektronik fisik yang dapat disentuh. misalnya motherboard, hard disk, floppy, prosesor, memori, VGA Card, sound card, dan lain-lain.
hardware bukan hanya perangkat keras yang ada di dalam CPU, tapi juga perangkat yang sifatnya di luar namun berhubungan secara langsung dengan komputer. Contohnya layar monitor, keyboard, Mouse dan printer.

Dibawah ini saya jelaskan komponen computer beserta Ganbar bentuk dari komponen-komponen(Hardware) komputer


Casing

Cashing computer merupakan kulit, tempat atau rumah dari komponen computer(Harware).
Atau pengertian lainnya adalah tempat menempel motherboard, power supply, hard disk, dan lain sebagainya.

Casing computer sangat fariatif tergantung keinginan pengunanya, namun fungsi utamanya tetap seperti yang sudah dijelaskan diatas.
contoh fariasi casing :

Power Supply
 
power supply atau PSU (Power Supply Unit) merupakan komponen komputer yang menkonversi(merubah) arus listrik arus AC dengan tegangan besar menjadi DC dengan tegangan yang lebih kecil lalu memasok listrik ke komponen lain dalam computer (5-12 Volt). Jadi sebuah komputer tidak akan bisa nyala atau berfungsi jika tidak memiliki Power supply.

Motherboard / Mainboard

Motherboard adalah komponen komputer tempat kita menancapkan atau memasangkan komponen-komponen komputer lainnya seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut.
Mainboard atau motherboard, adalah papan rangkaian utama pada komputer tempat terpasangnya Processor, memory(RAM), video card, sound card dan lainnya terpasang pada slot-slot di Motherboard, sebagai tempat berlalu lalangnya data.
Motherboard memiliki banyak tipe namun kualitasnya ditentukan oleh komponen yang tertanam didalamnya seperti SIS, Nvidia Nforce, INTEL, VIA dan lainya.

Processor

Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah Otak dari computer dan  komponen komputer yang bertugas untuk memproses/mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitungan-perhitungan.
jenis-jenis prosessor antara lain : IBM, Intel dan AMD

 RAM

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random.
Jenis-jenis RAM antara lain:
SDRAM, DDR, DDR2, DDR3 atau lain sebagainya. 

 VGA(Video card)

VGA card berfungsi untuk menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor. Adapula yang sudah tertanam  slot PCI, AGP, PCI-X, PCI Express, atau lain sebagainya. VGA Card ada 2 macam yaitu VGA on board (VGA yang sudah menyatu dengan Mother board) dan VGA card add-on (VGA card yang ditancapkan pada slot di Motherboard sesuai kebutuhan penggunanya)

 Hard disk

Hard disk (HDD) adalah komponen yang didalamnya terdapat piringan baja untuk menyimpan data yang telah diproses oleh Sistem komputer. Semakin besar kapasitas hard disk yang kita miliki di komputer kita maka semakin banyak juga data yang bisa kita simpan.
HDD ada dua jenis : ATA dan SATA

CD-ROOM/DVD-ROOM(Optical Disc Drive)

Optical Disc Drive adalah berupa CD-ROM, DVD-ROM, DVD-RW,DVD-Combo, Blue-Ray, atau lain sebagainya. Fungsinya adalah untuk membaca CD atau DVD. Meskipun tanpa Optical Disk Drive pun sebuah komputer dapat hidup namun Proses penginstallan System Operasi dan Software yang dibutuhkan pada Komputer juga harus menggunakan Komponen ini, oleh sebab itu ini juga merupakan salah satu komponen yang tidak kalah pentingnya.

Monitor

Monitor berfungsi untuk menampilkan gambar output dari video card.
 Monitor komputer ada dua jenis yaitu monitor CRT (monitor tabung) dan monitor LCD

Keyboard

Keyboard berfungsi sebagai alat input untuk mengetikkan sesuatu pada komputer.

Mouse

Mouse adalah berfungsi untuk menggerakan cursor di layar monitor dan untuk meng-klik/memilih sesuatu seperti tombol-tombol di sebuah program aplikasi.

Pada jaman sekarang Mouse dan Keyboard adalah dua komponen yang tak terpisahkan…. :D

**boleh dicopy asal Sertakan Link Situs ini, thankyou.!! **  
Akupapua.com

 

Ditulis Oleh : SONDRITERS

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel Komponen komputer dan fungsinya ini.
Semoga tulisan ini dapat Memberi manfaat untuk Anda

Terimakasih.